Presentasi yang baik didukung oleh slide yang dirancang dengan baik. Kali ini, kita akan membahas dasar-dasar desain presentasi, komponen yang harus diperhatikan dalam membuat desain presentasi agar menarik yaitu antara lain:   
  1. Hirarki Visual – Memahami dasar-dasar hierarki visual dan bagaimana Anda dapat menggunakannya secara efektif dalam presentasi.   
  2. Layout Slide – Mengubah prinsip-prinsip hirarki visual menjadi desain slide PowerPoint yang efektif.   
  3. Tipografi – Memilih tipografi yang tepat.   
  4. Warna – Dasar-dasar teori warna.  
  5. Detail – Ekstra yang membuat presentasi Anda bagus.

Hirarki Visual

Setiap jenis desain dimulai dengan hirarki visual. Apa sebenarnya hierarki visual itu? Penataan elemen desain dengan cara yang mengacu pada pentingnya. pesan yang akan dituang dalam Presentasi. Dengan kata lain, dengan merancang elemen dengan kontras pada sebuah presentasi yang lebih kuat daripada elemen yang lain.
Teori hirarki visual membantu Anda menentukan struktur slide desain PPT Anda. Hirarki visual yang baik menjamin bahwa elemen yang tepat/ penting akan menarik perhatian Anda.
Anda bisa mencapai hirarki visual melalui sejumlah teknik desain salah satunya Gunakan warna kontras untuk membuat elemen tertentu lebih menonjol atau Bermain dengan ukuran teks atau foto untuk membuat sesuatu lebih menonjol daripada yang lain.
Secara umum, yang harus Anda ingat adalah dalam sebuah desain jika Anda menerapkan hierarki visual dengan benar maka beberapa konten akan tampak lebih penting daripada konten lainnya . Ini adalah prinsip yang harus digunakan untuk keuntungan Anda. Tanyakan pada diri Anda apa yang perlu menonjol dalam presentasi Anda.
 

Desain Tata Letak/Layout Slide

Berdasarkan bagaimana hierarki visual bekerja, Anda dapat menerapkan pengetahuan ini untuk menciptakan desain slide PowerPoint yang efektif.
Untuk setiap slide, triknya adalah memahami pesan terpenting apa yang Anda butuhkan untuk dipahami audiens. Oleh karena itu, Anda bisa memastikan melalui desain, yang akan menjadi konten yang diingat orang.
Hal ini juga berguna juga saat merancang beberapa slide. Misalnya, Anda mungkin memiliki beberapa slide berturut-turut tentang topik yang sama. Tapi, slide terakhir dengan kesimpulan bisa jadi slide yang ingin Anda tambahkan agar bobot visual ekstra agar audiens Anda memperhatikan. Misalnya dengan menambahkan gambar untuk pertama kalinya atau membuat teks lebih besar dari biasanya. Ini juga menerapkan hirarki visual pada layout slide Anda.
Salah satu trik desain presentasi yang paling efektif untuk diterapkan adalah less is more, dalam kebanyakan kasus. Bila Anda memiliki statistik kunci, metode perancangan desain presentasi berikut ini bisa membantu:
  1. Pertama, tampilkan grafik (atau semua statistik) yang menampilkan konteks angka-angka penting.   
  2. Tampilkan persentase kunci pada satu slide tunggal, tanpa elemen lain sebagai tindak lanjut untuk membuat orang memperhatikan nomor ini.
Pengulangan adalah trik lain untuk membantu Anda menekankan pesan utama. Menampilkan grafik dan kemudian statistik individu pada dua slide terpisah adalah contoh bagus pengulangan yang efektif.
 

Tipografi

Pilihan tipografi yang tepat akan sangat membantu memperbaiki desain presentasi PowerPoint Anda.
Pelajaran umum adalah bahwa apabila pemilihan font yang Anga gunakan bagus maka hal tersebut tidak terlalu nampak pada saat AUdience melihatnya , namun apabila tipografi yang Anda gunakan buruk makan terlihat langsung kerna mengganggu mata Auidence.
Oleh karena itu pilihan font tradisional seringkali yang terbaik untuk digunakan untuk desain presentasi PowerPoint. Seperti Helvetica, Arial atau Gill Sans misalnya. Gunakan versi reguler untuk teks body Anda, dan gunakan versi tebal untuk judul Anda. Buatlah ukuran huruf Anda cukup besar untuk memastikan keterbacaan (misalnya 18pt) dan buat judul lebih besar (misalnya 34pt).
Anda juga memungkinkan untuk mencampur font, tapi ketika Anda baru memulai, saya akan merekomendasikan untuk tidak mencampur font karena hal tersebut mudah mengacaukan tampilan presentasi. Jika Anda penasaran, Anda selalu bisa mencoba mencari kombinasi huruf yang bagus.
Jika Anda tertarik dengan tipografi, ada banyak sumber online untuk membantu Anda. Saya pribadi menikmati Typewolf misalnya.
Aturan sederhana untuk tipografi adalah penggunaan tipografi yang tepat tidak akan diperhatikan oleh audience. Apabila audience tidak menyadari Tipografi yg dituangkan dalam sebuah presentasi , hal tersebut berarti pesan yang disampaikan terbaca dengan baik dan dengan itu Anda telah menyelesaikan banyak aturan tipografi. Tentu, tipografi adalah cara untuk menyesuaikan desain dan membuat presentasi menjadi lebih unik. Tapi, saat memulai, saya sarankan tetap berpegang pada dasar.
Hal lain yang perlu dipikirkan adalah seberapa banyak teks yang Anda gunakan pada slide Anda. Jarang berguna untuk menuliskan kalimat lengkap dalam presentasi, Jauh lebih baik menggunakan daftar poin fakta kunci dan pastikan orang memperhatikan Anda saat Anda memberikan presentasi Anda.
 

Warna

Yang penting dalam desain presentasi adalah memahami bahwa warna mengekspresikan perasaan tertentu, sama seperti fotografi. Warna yang lebih terang dan lebih cerah sering terlihat lebih menyenangkan, sementara warna yang lebih gelap dan lebih dingin sering terasa sedikit lebih dingin (dan lebih profesional).
Tentu saja, warna desain presentasi Anda sangat bergantung pada konteks presentasi Anda. Jika Anda membuat presentasi profesional, kemungkinan besar Anda bekerja dengan warna merek Anda. Sejujurnya, itu membuat desain presentasi jadi lebih mudah dan saya akan merekomendasikan untuk tetap berpegang pada warna merek daripada bereksperimen demi desain.
Namun terkadang, Anda mungkin harus memilih warna dari awal. Dalam hal ini Cara mudah untuk memulai dengan mencoba beberapa warna dengan menggunakan sumber seperti Adobe Color. Dengan melihat bagian ‘Explore’ Anda dapat menemukan palet warna yang indah. Cara lain untuk melihat beberapa palet bagus adalah dengan menggunakan situs desain seperti Dribbble atau Behance dan lihat warna apa yang digunakan dalam satu desain sebagai inspirasi.
 

Detail

Akhirnya dan mungkin cara yang paling menarik untuk memperbaiki desain presentasi Anda adalah mendapatkan detailnya dengan benar. Anda akan terkejut bagaimana beberapa elemen halus bisa mengemas banyak kekuatan untuk meningkatkan presentasi Anda secara visual.