Presentasi yang baik selalu ditopang oleh materi presentasi yang oke.  Materi yang oke adalah materi presentasi yang tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan calon audiens, baik terstruktur , durasi presentasi yang tepat waktu dan mengandung muatan isi materi yang kuat dan mantap.
Karena itu, jika Anda ingin dapat melakukan presentasi dengan sukses, maka Anda harus menyusun materi yang oke.
Tahapan membuat materi presentasi yang oke dapat Anda cek dalam tulisan berikut:

Tahap Pertama: Gali ide

Untuk menggali ide, ada beberapa alat yang dapat digunakan. Dapat melalui brainstorming menggunakan kertas tempel post it, dapat gunakan mind mapping, ataupun dengan menggunakan struktur logis.
Alat apapun dapat digunakan, untuk meng-gali ide dengan mudah,  Kamu dapat memakai pertanyaan penuntun guna mendapatkan ide-ide besar yang akan Kamu bahas dalam presentasi-mu.
Pertanyaan penuntun tersebut berupa:.
  • What (apa)
  • Why (Kenapa)
  • How (Bagaimana).
Pertanyaan penuntun ini bisa Anda buat sebanyak mungkin sesuai kebutuhan. Oleh karena itu sesuaikan dengan kebutuhan Kamu sekaligus Sesuaikan dengan tujuan presentasi-mu.
Setelah kamu membuat pertanyaan penuntun selanutnya beri jawaban singkat pada pertanyaan yang sudah kamu buat.
Jika Kamu sudah  membuat jawaban atas pertanyaan penuntun, Apabila Kamu ingin mengambang ide yang sudah Kamu dapat Kamu bisa membuat lagi pertanyaan lanjutan untuk ide yang telah Kamu peroleh. .
 

Tahap Kedua : Lakukan Evaluasi Terhadap Ide Yang Diperoleh

Ketika kamu sudah mengumpulkan semua ide selanjutnya Kamu perlu melakukan Evaluasi. Tetapkan ide yang bakal Kamu pakai dan mana yang ga perlu dipakai. Pada tahapan ini Kamu perlu perhatikan bahwa walaupaun semua ide mu baik dan bagus, namun kamu wajib memeperhatikan waktu presentasi yang disediakan untuk Kamu. Kamu haru memillih ide untuk diperesntasikan pada waktu yang terbatas agar mendapatkan hasil yang maksimal.
 

Tahap Ketiga : Membuat struktur alur Ide

Setelah ide dikumpulkan dan dievaluasi untuk menetukan ide yang ingin disampaikan pada saat presentasi, selanjutnya kamu perlu membuat alur urutan ide yang ingin diisampaikan sehingga lebih terstruktur dan rapi.
 

Tahap Keempat Membuat Materi berdasarkan ide yang telah ditetapkan

Setelah ide-ide besar didapatkan, dan Kamu telah membuat struktur ide tersebut, tahapan berikutnya yaitu membuat materi presentasi berdasarkan ide tersebut. Kamu haruus melengkapi ide-ide besar dengan penjelasan penting. Kamu harus menambahkan info pendukung yang relevan seperti kutipan, data atau fakta untuk memperkuat ide-ide besar  Kamu menjadi tak terbantahkan.
Satu hal yg juga penting seltelah Materi Presentasi selesai dibuat yiitu menulis cara-mu untuk membuka dan menutup penyampaian materi Presentasi.
Hal yang terpeting lainnya dalam membuat sebuah presentasi adalah mendesain presentasi yang menarik bagi audience, yuk simak caranya disini.